Panen Raya Proyek 1 P5RA
Tema Kearifan Lokal (Eksplorasi Empon - Empon)

By Heni Ikawati,S.Pd 16 Des 2023, 15:08:43 WIB Kegiatan Madrasah
Panen Raya Proyek 1 P5RA

Gambar : Pelaksanaan P5RA Tema Kearifan Lokal (Eksplorasi Empon - Empon)


MTsS Yayasan Masyithoh Gamping mulai Tahun Pelajaran 2023/2024 telah melaksanakan penerapan Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka telah di implementasikan bagi siswa kelas 7. Dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka ini untuk kali pertama, madrasah melaksanakan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil Alamin (P5RA) untuk proyek yang pertama dengan mengambul Tema "Kearifan Lokal"  Topik Eksplorasi Empon - Empon dengan proyek Pengolahan Empon - empon.

Empon-empon adalah rimpang yang digunakan sebagai ramuan tradisional seperti jahe, kunyit, temulawak dan sebagainya. Bagi masyarakat pedesaan empon - empon selain sebagai bumbu juga bisa di olah sebagai obat. Seiring kemajuan zaman, penggunaan empon-empon meluas. Beberapa manfaat empon-empon antara lain: Bahan baku obat-obatan dan jamu, bahan bumbu masak Industri bakanan dan minuman, ramuan tradisional perawatan tubuh, kosmetika untuk perawatan kecantikan, bahan pewarna dan untuk diambil minyak asirinya.

Pada proyek kali ini para siswa berkreasi membuat olahan dari empon - empon antara lain di buat kunir asem, jamu beras kencur, puding rasa jahe, bandrek susu dan kue jahe. Dengan peserta didik berekplorasi empon - empon ini kedepanya peserta didik mampu mengembangkan dan memanfaatkan bahan - bahan disekitarnya untuk di kembangkan lebih lanjut baik dari sisi ekonomi maupun manfaat lainnya utamanya bagi kesehatan. Tentu kita masih ingat, 2 tahun lalu saat badai Covid 19 menyerang, minuman dan obat - obatan tradisional dari mepon - empon menjadi penangkal berkembanganya virus yang merajalela. Olahan empon - empon dipercaya menambah daya tahan tubuh dari serangan covid 19.
 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment